|
|
|
| | | | | | | | | | | | |
NO | NAMA KEGIATAN | URAIAN KEGIATAN | TUJUAN KEGIATAN | INDIKATOR PENCAPAIAN | UNSUR YANG TERLIBAT | PENANGGUNG JAWAB | WAKTU | KETERANGAN |
A | | Standar isi | | | | | | | | | | |
| 1. | Penyusunan program kerja kurikulum | Rapat koordinasi Wakil Kepala Sekolah 1 bersama staff untuk penyusunan Program kerja | Untuk penyusunan Program kerja yan sesuai dengan sasaran kerja dan Mutu Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum | Tersusunnya Program Kerja | Wakil Kepala Sekolah 1 , STAFF Wakil Kepala Sekolah 1 | Wakil Kepala Sekolah 1 | Juli 2021 | |
| 2. | Penyusunan Peraturan Akademk | Rapat penyusunan Akademik SMPN 8 Pamekasan | Untuk mewujudkan peraturan Akdemik yang Implementatif dan dipedomi seuruh warga SMPN 8 amekasan | Tersusunnya peraturan Akademik SMPN 8 Pamekasan | Wakil Kepala Sekolah 1 dan Staff Wakil Kepala Sekolah 1 | Wakil Kepala Sekolah 1 | Juli 2021 | |
| 3. | Penyusunan Jadwal Pelajaran Semester genap tahun pelajaran 2021-2022 | Rapat penyusunan Jadwal pelajaran semester genap tahun pelajaran 2021–2022 | Untuk penyusunan jadwal pelajaran semester genap tahun pelajaran 2021-2022 | Tersusunnya jadwal pelajaran semester genap tahun pelajaran 2021-2022 | Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah 1 dan Tim Pengembang Kurikulum | Kepala Sekolah | Desember 2021 | |
| 4. | Pengembangan Kurikulum SMPN 8 Pamekasan | a. | Rapat aevaluasi Implementasi K-13 dan penyusunan draft K-13 oleh Tim Pengembang Kurikulum | a. | Mengembangkan K-13 | a. | tersusunnya Dokumen K-13 | Tim Pengembang Kurikulum | Kepala Sekolah | Mei 2021 | |
| | | b. | Workshop Review Draft K-13 Tahun pelajaran 2021-2022 | b. | Menyelaraskan Kurikulum | b. | Tersusunnya kurikulum yang sesuai dengan pos dan peraturan yang berlaku | | | | |
| | | c. | Penyelerasan Kurikulum | c. | Menyelaraskan KD, IPK dan materi | c. | Tersusunnya Kurikulum yang selaras | | | | |
| | | d. | Finalisasi dokumen K-13 Tahun pelajaran 2021-2022 | d. | Mengesahkan Dokumen K-13 | d. | Adanya Dokumen K-13 tahun pelajaran 2021-2022yang telah ditandatangani Oleh Kepala Sekolah | | | | |
| 5. | embagian Tugas mengajar guru | Rapat penyusunan pembagian tugas mengajar guru tahu pelajaran 2021-2022 | Untuk menyusun pembagian tugas mengajar guru | Tersusunnya beban mengajar guru yang sesuai dengan peraturan yang berlaku | Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah 1 | Kepala Sekolah | Juni 2021 | |
B | | Standar Proses | | | | | | | |
| 1. | Pengadaan buku pemerintah dan buku pendamping | Kegiatan pengadaan buku tulis pelajaran, Buku guru, Buku non teks pelajaran, Modul pembelajaran | Untuk memastikan semua peserta didik dapat menggunakan sumber belajar / buku teks, buku pendamping yang sesuai baik secara kwalitas maupun kwantitas | Adanya buku teks pelajaran, non teks shingga dapat digunakan oleh peserta didik | Wakil Kepala Sekolah 1, guru mata pelajaran | Kepala Sekolah | Juli 2021 | |
| 2. | Workshopnpenulisan soal HOTS bagi guru SMPN 8 Pamekasan | Pelatihan bagi guru SMPN 8 Pamekasan | Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun instrumenevaluasi / ssoal tipe HOTS | Guru mampu menyusun soal bertipe HOTS | Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah 1, Guru mata pelajaran | Kepala Sekolah | Desember 2021 | |
| 3. | Rapat koordinasi Wali Kelas dengan orang tua / wali siswa | Rapat antara wali kelas dengan orang tua siswa dalam rangka mewujudkan pendidikan peserta didik secara utuh dan terintegrasi | a. | Sebagai wadah untuk menyampaikan informasi program sekolah keppada orang tua siswa | Adanya persamaan persepsi antara orang tua siswa dan sekolah dalam melaksanakan proses pembelajaran di SMPN 8 Pamekasan | Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah 1, Wali Kelas dan orang tua peserta didik | Kepala Sekolah | Oktober 2021 | |
| | | | b. | Menyamakan visi dan misi antara orang tua siswa dan sekolah | | | | | Maret 2021 | |
| 4. | Penguatan Program Literasi Sekolah | a. | Pengadaan buku teks pelajaran | a. | Untuk meningkatkan kwantitas dan jenis buku bacaan yang akan digunakan dalam kegiatan Liteasi | Adanya buku non teks pelajaran yang dimanfaatkan ddalam kegiatan Literasi | Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah 1, Kepala Perpustakaan | Kepala Sekolah | Agustus 2021 | |
| | | b. | Pengadaan lemari tempat buku bacaan pada setiap ruang belajar / kelas | b. | Sebagai tempat buku non teks dalam rangka mendukng kegiatan Literasi pada peserta didik | Adanya lemari tempat buku pada setiap kelas | | Kepala Sekolah | | |
| 5. | Pemantauan, Monitoring dan Evaluasi Proses Pembelajaran | Supervisi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran | Untuk mengetahui kwalitas Implementasi pembelajaran guru dalam rangka melakukan tindakan perbaikan secara berkelanjutan | Adanya Dokumen hasi Supervisi dan Evaluasi guru | Kepala Sekolah dan Tim Supervisi | Kepala Sekolah | Oktober 2021 | |
C | | Standar Penilaian | | | | | | | |
| 1. | Sosialisasi Penilaian | Rapay koordinasi dan sosialisasi tentang komponen, teknik dan instrumen penilaian bagisemua guru SMPN 8 Pamekasan | Untuk meningkatkan pemahaman guru tentang penilaian hasil belajar | Guru memahami tentang komponen, teknik dan instrumen Penilaian hasil belajar | Kepala Sekolah dan semua guru | Wakil Kepala Sekolah 1 | Oktober 2021 | |
| 2. | Pengembangan dan Implementasi E-Raportuntuk penyusunan laporan hasil belajar siswa | Sosialisasi dan implementasi E-Raport untuk penyusunan laporan hasil belajar siswa | Semua guru memahami dan bisa menggunakan aplikasi E-Raport | Tersusunnya raport belajar siswa dengan menggunakan E-Raport | Kepala Sekolah dan semua guru | Kepala Sekolah | Desember 2021 | |
| 3. | Kegiatan Penilaian Harian (Ulangan Harian) | Penilaian terhadap implementasi yang telah dipelajari peserta didik melalui kegiatan Ulangan harian, penugasan atau lisan | Untuk mengukur kompetensi peserta didik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran | Adanya Dokumen hasil pekerjaan peserta didik dan nilai hasi Penilaian Harian | Guru dan peserta didik | Guru | Juli 2021 s/d mei 2022 | |
| 4. | kegiatan Penilaian Tengah Semester | Penilaian oleh sekolah terhadap kompetensi yang dimiliki Peserta didik setelah 8 s/d 9 Mingguefektif | Untuk mengukur kompetensi peserta didik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran 8-9 minggu efektif | Semua peserta didik melaksanakan Penilaian Akhir Semester yang dibuktikan dengan berita acara dan daftar hadir PTS | Wakil Kepala Sekolah 1, guru dan peserta didik | Wakil Kepala Sekolah 1 | Oktober 2021 dan Maret 022 | |
| 5. | Kegiatn Penilaian Akhir Semester ganjil | Penilaian oleh sekolah yang dilaksanakan secara bersama-sama untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik selama 1 semester | Untuk mengukur Kompetensi peserta didik selama 1 Semester | Terlaksananya Penilaian Akhir Semester | Kepala Sekolah, guru dan peserta didik | Wakil Kepala Sekolah 1 | Desember 2021 | |
| 6. | Kegiatan Penilaian Kenaikan Kelas | Penilaian oleh sekolah yang dilaksanakan secara bersama-sama pada akhir semester genap bagi kelas 7, 8 dan 9 dan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik selama 1 semester | Untuk mengukur kompetensi peserta didik selama 1 semester pada saat semester genap | Terlaksananya Penilaian kenaikan kelas yang berkwalitas | Kepala Sekolah, Guru dan Peserta didik | Wakil Kepala Sekolah 1 | Juni 2022 | |